Tinjau Proyek Pembangunan Infrastruktur, Gubernur Ali Mazi Apresiasi Dukungan Bank Sultra

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, didampingi Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, dan Direktur Bank Sultra Abdul Latif, bersama-sama meninjau pembangunan infrastruktur berlokasi di Jalan Lingkar Luar Ruas 2 Waborobo – Batu Poopi, yang pembiayaannya bersumber dari Perbankan Daerah.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengapresiasi dukungan Bank Sultra terhadap percepatan pembangunan daerah. Menurut orang nomor wahid di Sultra, fasilitas pinjaman yang diberikan sangat baik dalam rangka mengakselerasi pembangunan di daerah.

Ali Mazi mengungkapkan, pembangunan sarana dan prasarana yang bersumber dari Bank Sultra berdampak positif terhadap peningkatan infrastruktur di daerah.

“Sebelum ada jalan lingkar ini, masyarakat harus menempuh jarak sekitar sekitar dua sampai tiga jam. Lewat jalur potong (kompas),” ungkapnya, Senin, 27 Maret 2023.

Ia mencontohkan jalan lingkar Waborobo – Batu Poopi sangat mendukung mobilitas termasuk perekonomian masyarakat.

“Sekarang sudah bisa ditempuh hanya 15 menit saja. Ini sangat baik bagi masyarakat, bagi kemajuan ekonomi masyarakat setempat,” ucapnya.

BACA JUGA :  Gelar Shalawat Kebangsaan dan Doa Bersama, Kapolres Konut Hadirkan Habib Sharief Bin Husain Shihab,

Politisi NasDem ini juga berharap Bank Sultra bisa mengakomodir permohonan pinjaman dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra sehingga pembangunan daerah tidak membebani APBD yang diprioritaskan untuk program lainnya seperti pendidikan dan kesehatan.

“Kami juga meminta daerah untuk memanfaatkan fasilitas pinjaman ditawarkan Bank Sultra. Sebab Bank Sultra adalah bank milik masyarakat Sultra yang keuntungannya akan dikembalikan kepada masyarakat demi kesejahteraan kita semua,” harapnya.

Bank Sultra turut andil dalam mengakselerasi pembangunan di daerah. Buktinya dalam kurun waktu lima tahun (2018 – 2023), bank kebanggan masyarakat Sultra ini telah mengucurkan dana pinjaman sebesar Rp1,09 triliun kepada tujuh pemda di Bumi Anoa.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan fasilitas pinjaman daerah dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah.

Abdul Latif mencontohkan, pihaknya telah menyalurkan pinjaman ke Pemkot Baubau sebesar Rp164 miliar. Ratusan miliar pinjaman diberikan untuk membangun sarana dan prasarana infrastruktur.

BACA JUGA :  IMI Sultra Award 2023, Ajang Apresiasi Bagi Atlet Terbaik di Sultra

“Alhamdulillah kemarin sudah ditinjau langsung oleh Pak Gubernur. Progresnya sangat baik. Masyarakat sudah bisa melintasi jalur yang dibangun,” bebernya.

Seperti pembangunan Jalan Lingkar Ruas 2 Waborobo – Batu Poopi, Peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Bukit Asri – Batu Poopi, Peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Sorowolio – Bukit Asri, dan Peningkatan Jalan Lingkar Bungi –  Sorowolio Tahap IV.

“Pembangunan jalan sangat penting untuk mendukung aktifitas perekonomian masyarakat setempat,” kata Abdul Latif usai meninjau pembangunan Jalan Lingkar Waborobo – Batu Poopi.

Sekedar informasi, 7 daerah yang telah memanfaatkan program pinjaman Bank Sultra yakni Konawe Selatan dengan besar pinjaman Rp200 miliar, Bombana Rp195 miliar, Kolaka Utara Rp97,47 miliar, Buton Selatan Rp94,88 miliar, Buton Rp148 miliar, Baubau Rp164, miliar, dan Konawe Utara sebesar Rp200 miliar.

error: Content is protected !!