Bupati Konut Diundang Menko Arab Abu Dhabi Diacara Platform Investasi Internasional

Kompasupdate.com – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Ir. H. Ruksamin, ST.,MT.,IPU.,Asean Eng resmi di undang oleh Menteri Prekonomian Uni Emirat Arab (UEA) Abu Dhabi dalam acara Platform Investasi Internasional.

Bupati Konut, Ruksamin merupakan Kepala Daerah termuda yang hadir di acara kelas dunia tersebut bersama para penjabat dari seluruh negara belahan dunia.

Diketahui, berdasarkan undangan Menteri perekonomian Uni Emirat Arab (UEA) tanggal 14 Februari 2023 undangan resmi yang diterima oleh Bupati Konut, Ruksamin adalah menghadiri acara konferensi tahunan kedua investopia di Abu Dhabi, mulai tanggal 2 sampai 3 Maret 2023.

Investopia sendiri adalah platform investasi Global yang didirikan pemerintah UEA tahun 2021 yang bertujuan untuk menyatukan komunitas investasi Global pembuat keputusan pengusaha dan inovator untuk mengeksplorasi peluang pertumbuhan di negara berkembang.

BACA JUGA :  Jelang Pilcaleg dan Pilkada 2024, Ketua DPW Partai Bulan Bintang Sultra Minta Seluruh DPC Selaraskan Program Unggulan

Tiba di Abu Dhabi, Bupati Konut, Ruksamin yang didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konut menguraikan kunjungan usai melaksankan giat acara Investopia Platform Insvestasi Internasional.

Dirinya yang berkunjung di Khalifa University dan di terima oleh beberapa Profesor ternama, dan membicarakan peran universitas berkonstribusi pada pertumbuhan ekonomi yang begitu Pesat di UEA, yang nantinya juga dapat di kembangkan di Kabupaten Konawe Utara, dan secara umum di Sulawesi Tenggara.

“Awalnya negara tersebut (Abu Dhabi) di tahun 1960 an hanya mengandalkan sektor perikanan, lalu ditemukan sumur minyak, namun dengan perkembangan yang begitu pesat negara tersebut sekarang tidak hanya mengandalkan minyak semata lagi,” ungkap Ruksamin memberikan keterangan persnya, Kamis (2/3/2023).

BACA JUGA :  Sabet Medali Emas Cabor, 2 Atlet Binaraga Konut Terima Bonus Puluhan Juta

Dialog yang terbangun bersama para Profesor ternama, memberikan kontribusi positif salah satunya, dirinya meminta untuk dilakukan kerjasama.

“Jika sudah di terima akan saya siapkan anak-anakn Konawe Utara untuk mengikuti penddidikan di Abu Dhabi,” ujarnya.

Usai lakukan kunjungan di Universitas, Ruksamin yang pernah menduduki jabatan Ketua DPRD Konut ini kembali diterima oleh Duta Besar Indonesia UEA, Husin Bagis. Dalam pertemuan itu, Ruksamin dijamu makan Siang bersama.

Dalam perjamuan tersebut, dirinya kembali menawarkan kerjasama di bidang Pembangunan Infrastruktur seperti Pelabuhan dan Energi Terbarukan seperti PLTA, bahkan beberapa rempah-rempah seperti cengkeh, kelapa, lada dan pala untuk di pasarkan di UEA.

Penulis: WiwinEditor: Redaksi