Pemkab Konut dan Divyankum Kemenkumham Sultra Gelar FGD Penyusunan Naskah Akademik Raperda Pajak dan Retribusi Daerah

Kompasupdate.com – Kepala Divisi (Kadiv) Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Yankum) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Hidayat Yasin mewakili Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) kemenkumham sultra hadiri Forum Discussion Group (FGD) Penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) di salah satu hotel di Kendari, Selasa 21/2/2023

Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati konut, Ruksamin, Wakil Bupati (Wabup) H Abu Haera, Ketua DPRD konut Ikbal, jajaran Forkopimda, para Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD, serta perwakilan masyarakat Kabupaten konut.

Dalam kesempatan ini, Kadivyankum kemenkumham sultra Hidayat Yasin menyampaikan terkait tahapan pembentukan undang-undang, tata cara dan prosedur pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi Raperda dan Rancangan Perkada, Fungsi Naskah Akademik, serta keterlibatan publik dalam penyusunan naskah akademik.

Dengan terlibatnya Kemenkumham disetiap penyusunan Naskah Akademik, Kadivyankum berharap akan selalu melahirkan peraturan yang dapat diterima dan diimplementasikan pada masyarakat.

“Saya berharap dalam penyusunan naskah akademik dan undang-undang bisa sama-sama kita laksanakan dengan baik sehingga bisa terlaksananya outcome yang baik untuk peraturan perundang-undangan di daerah,” pesan Hidayat.

Sementara itu, Bupati konut H. Ruksamin Dalam sambutannya mengatakan bahwa berbagai macam upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Konut.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Pengemudi Mobil Box Pelaku Tabrak Lari di Konawe

“Untuk itu saya sangat menantikan kegiatan ini, untuk bersama-sama menyatukan pikiran, gagasan dan strategi dalam pengelolaan sumber daya yang ada di Kabupaten konut yang dapat meningkatkan PAD,” ujar H. Ruksamin.

Sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemda tidak akan langgeng, itu tidak akan didapatkan manfaatnya jika tidak ditopang oleh yang namanya naskah akademik

“Diawal saya memimpin di tahun 2016, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) konut hanya berkisar Rp. 600 Miliar dan PAD murni belum mencapai Rp. 50 juta, namun di tahun ini, saya mampu meningkatkan APBD secara signifikan di angka Rp. 1,66 Triliun dan berencana di perubahan anggaran akan dinaikan lagi sebesar Rp. 2 Triliun,” bebernya.

Lanjutnya, bahwa saat Musrenbang kemarin ia sampaikan doakan saya, doakan anggota DPRD konut semoga di perubahan anggaran kita bisa capai Rp 2 Triliun.

Ternyata selesai kita Musrenbang di sela-sela saya menjenguk ibu saya yang sedang sakit, disitu masuk pesan WhatsApp (WA), bertambah lagi uangnya Konawe Utara Rp. 720 Miliar. Berarti kalau kita hitung, anggaran APBD yang akan kita tetapkan nanti dikisaran Rp. 2,3 Triliun,” ungkapnya.

Melalui pertemuan ini, H. Ruksamin mengajak kepada seluruh jajarannya untuk bekerja semaksimal mungkin dan terus berinovasi dalam pemanfaatan potensi yang ada di konut untuk peningkatan kesejahteraan dan kemandirian Daerah.

BACA JUGA :  Melalui Dinas Pendidikan, Pemkab Konut Anggarkan 4,8 M Beasiswa Tahun 2023

”Mohon maaf saya katakan, dari Konawe Utara (Konut) kita bisa bayar utang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saya mengatakan ini bukan tanpa alasan, melihat potensi yang sangat lengkap diberikan Tuhan untuk konut, mulai dari pertambangan, pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan serta objek wisata alam dan budaya, semuanya bisa kita kelola untuk dapat meningkatkan PAD,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati konut juga mengapresiasi BLUD Rumah Sakit Daerah konut yang dipimpin oleh Dr. Dewi Sarli Tombili, yang saat ini sudah menghasilkan pendapatan kurang lebih Rp. 500 juta perbulan.

Walaupun jenis pendapatan ini tidak masuk ke kas daerah tetapi dikelola sendiri oleh pihak Rumah Sakit, tetapi melalui kebijakan pemerintah untuk membayarkan jaminan kesehatan masyarakat melalui BPJS, menjadikan Rs konut bisa tumbuh, berkembang dan mandiri.

”Saya kasih tantangan untuk Ibu Dewi, bagaimana untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Bangun ruang operasi, tambah dokter spesialisnya, berikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Bupati dua periode ini, H. Ruksamin juga mendorong peningkatan infrastruktur di sektor pariwisata yang banyak tersebar dikonut, agar para pengunjung bisa nyaman dan menikmati keindahan alam saat berkunjung di konut

Diakhir sambutannya, beliau kembali menekankan kepada seluruh jajarannya untuk terus berinovasi dalam bekerja sehingga visi konut Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing dapat terwujud.

Penulis: WiwinEditor: Redaksi