Berikan Kontribusi PAD Terbesar, PT OSS Terima Penghargaan dari Pemkab Konawe

KENDARI – PT Obsidian Stainless Steel (OSS) menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe yang dinilai memiliki kontribusi terhadap pembangunan daerah.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK), Kamis, 2 Februari 2023.

Pemberian piagam penghargaan kepada perusahaan asal Tiongkok yang beroperasi di Kecamatan Morosi dilakukan disela acara Ekspose Kinerja Pemkab Konawe dalam 10 tahun terakhir.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Konawe, Cici Ita Ristianty mengungkapkan, penghargaan diberikan kepada PT OSS karena dianggap memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

BACA JUGA :  Diikuti Ratusan Atlet, Ali Mazi dan AJP Apresiasi Kejuaraan Panahan di Sultra

Dimana, Slselama tahun 2022, PT OSS telah memberi pemasukan untuk daerah senilai Rp70 miliar.

“Itu sumbernya dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ) non-PLN. Sumber penghasilan lainnya dari OSS juga ada. Tetapi, PPJ ini yang kontribusinya paling besar, sehingga kita berikan penghargaan,” jelasnya.

Tahun ini lanjut Cici, pihaknya belum akan melakukan penarikan PPJ non-PLN kepada PT OSS. Pihaknya masih terbentur aturan pusat, yakni UU Nomor 1 Tahun 2022.

BACA JUGA :  Tingkatkan PAD, Pemkab Konawe Pungut Pajak TKA

“Kita masih tunggu Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) dan kemungkinan tahun 2024 sudah bisa kita tarik PPJ di OSS lagi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Finance PT OSS, Mr. Lin Kuo Cheng, mengaku sangat gembira atas penghargaan tersebut. Ia juga mengucapkan rasa terimakasihnya keada Pemkab dan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

“Kami akan mengikuti peraturan pemerintah sebaik mungkin dan sebisa mungkin akan membantu pemerintah ke depannya,” pungkasnya.